Headlines News :
Home » » WABUP BOLMONG KUNJUNGI PEMKAB BOALEMO

WABUP BOLMONG KUNJUNGI PEMKAB BOALEMO

Written By Valentino on Jumat, 17 Mei 2019 | 12:37

BOLMONG-KOMENTAR,.Wakil Bupati Bolmong melakukan kunjungan kerja di Pemkab Boalemo. Kunjungan  diterima oleh Sekretaris Daerah Husain Etango di Kantor Bupati Boalemo, Kamis (16/5/19). Kunjungan ini dilakukan sehubungan dengan keberhasilan Kabupaten Boalemo dalam Produk unggulan Jagung dan peraih Penghargaan Desa berprestasi dari Kemendes RI yaitu Indeks Desa Membangun, Penguatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemanfaatan Prioritas Penggunaan dan Padat Karya Tunai.

Pada kesempatan itu, Husain Etango menyampaikan bahwa pengembangan tanaman jagung merupakan program unggulan Daerah, dengan luas potensi pertanian kurang lebih 90 ribu Ha. Namun Dirinya mengakui, yang dimanfaatkan oleh masyarakat petani jagung masih kurang lebih 65 ribu Ha.

“Daerah Boalemo merupakan penghasil jagung terbesar di provinsi Gorontalo. Disamping itu juga pemerintah daerah banyak memberikan bantuan kepada kelompok tani terutama bibit jagung dan pupuk. ,” ungkap Sekda Husain Etango.

Kemudian, Kadis pertanian Boalemo menambahkan,"  Strategi yang dibangun dalam pencapaian keberhasilan yaitu  adanya Pengawasan secara ketat terkait pendistribusian bantuan Pupuk dan bibit dengan melakukan kerjasama dengan TNI yakni melibatkan Babinsa yang kerjasamanya dilakukan MoU antara Pemkab dan Kodim. Dan dalam hal teknis, Memperhatikan masa panen maksimal 4 bulan 2 minggu."

Sekda menyebutkan,"  terkait dengan Prestasi Desa yang diraih baik pengelolaan Anggaran Dana Desa dan prestasi lainnya  telah dikelolah dengan baik oleh Pemerintah Desa sesuai dengan juknis yang ada ditambah dengan inovasi perubahan sambil tetap memperhatikan adat istiadat daerah."

Ditambahkan oleh Kepala Desa ( Ayahanda) Hungayonaa, Moh. Wisnu Sau, "prestasi yang diraih diantaramya adalah keberhasilan dari potensi yang dikembangkan. Contoh suatu lahan rawa biasa yang dikembangkan menjadi kawasan Agrowisata."

Sementara Wakil Bupati Kab. Bolaang Mongondow Yanny Ronny Tuuk, menyampaikan bahwa banyak pelajaran berharga yang diperoleh dalam kunjungan ini.

“Khususnya di bidang pertanian dan pengelolaan anggaran Dana Desa yang ada di Kabupaten Boalemo. Tentunya dengan program-program ini saya sangat tertarik dengan apa yang telah di sampaikan oleh pak Sekda terutama dalam pengawasan bantuan bibit jagung maupun pupuk terhadap petani yang melibatkan penyuluh dan Babinsa maupun dari pihak Dinas pertanian dalam penyaluran bantuan tersebut,” jelas Wakil Bupati Bolmong.

Wakil Bupati, menurutkan program yang telah dilaksankan pemerintah Daerah Boalemo sebagian belum dilaksanakan oleh pemerintah Bolaang Mongondow. Selain itu, Dirinya mengatakan, pengelolaan anggaran Dana Desa Kepala Desa yang ada di kabupaten Bolaang Mongondow masih banyak yang belum mengetahui prosedur, sehingga itu ada beberapa desa yang diambil sampel oleh BPK-RI sebagai dasar untuk temuan dalam pengelolaan anggaran Dana Desa.

“oleh karena itu saya selaku pimpinan rombongan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kab.Boalemo yang telah memberikan sedikit ilmu tentang program pertanian dan pengelolaan anggaran dana desa di kab Boalemo, apa yang telah di dapat nantinya akan di terapkan di Kab.Bolaang Mongondow,” Pungkasnya.

Pertemuan berlangsung di Ruangan Wakil Bupati Boalemo, turut di hadiri oleh Asisten I Burhan Hunta, Mantan Kadis Pertanian Sopyan Hasan,PLT Kadis Sosial Dan PMD Virta Taha,Sekretaris Dinas Kumperindag Dorci Pauweni,Kaba Humas dan Protokol Sukarman Rahim dan kepala Desa Hungayonaa , Moh.Wisnu Sau.(Valentino).
Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google