Headlines News :
Home » , » DPRD BOLMONG LAKUKAN KUNKER KE DINAS PU DAN DINAS PENDIDIKAN SULUT

DPRD BOLMONG LAKUKAN KUNKER KE DINAS PU DAN DINAS PENDIDIKAN SULUT

Written By Valentino on Kamis, 09 Mei 2019 | 19:15

BOLMONG-KOMENTAR,-.Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) yang di pimpin oleh Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling pada Kamis (9/5) pagi melakukan kunjungan kerja ke Dinas  Pekerjaan Umum dan Dinas Pendidikan provinsi Sulut.

“Kunjungan kami di Dinas PU sehubungan dengan koordinasi dan konsultasi tentang Ranperda Irigasi yang dilakukan oleh komisi II DPRD Bolmong dikoordinir oleh Ketua Komisi 2, Ibu Lesly Lanny Kaligis.    Komisi III berkunjung ke Dinas Pendidikan sehubungan dengan Ranperda Penyelenggaraan  Pendidikan dan komisi I dijadwalkan besok akan berkunjung ke DPRD Provinsi Sulut terkait dengan Kajian hukum mengenai tunjangan transportasi dan perumahan pimpinan dan anggota DPRD   .” ujar Ketua DPRD Bolmong, Welty Komaling.
Dalam kunjungan kerja di Dinas PU bidang Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Utara, komisi II di terima oleh Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Bidang Sumber Daya Air, Ir. Theresia Karamoy, Meng.Tech bersama beberapa staf teknis lainnya.
Dalam pertemuan anggota Komisi 2 menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kerja.

" Diketahui, Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan, dan pembuangan air. irigasi dibangun  untuk
menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa, dan irigasi tambak.  Sistem irigasi meliputi prasarana irigasi, air irigasi, manajemen irigasi, kelembagaan
pengelolaan irigasi, dan sumber daya manusia. Penyediaan air irigasi adalah penentuan volume air per satuan waktu yang dialokasikan dari suatu sumber air untuk suatu daerah irigasi yang didasarkan waktu, jumlah, dan mutu sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang pertanian dan keperluan lainnya.
Adapun di Daerah Bolaang Mongondow terdapat 12 titik irigasi meliputi Daerah Irigasi Bongkudu, D.I Tadoy, D.I Langagon,  D.I.Bolangat, D.I Otam, D.ITungoi I-II, D.I Sikala I-II, D.I Tanoyan, D.I Mosinggogoi, D.I Yoyapon, D.I Pinaingan, D.I Mogolitas dengan total panjang keseluruhan irigasi 33.127 meter. Irigasi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat petani yang nantinya juga akan dikelolah oleh masyarakat dan pemerintah desa yang ada. Sehingga sangat penting dibuatkan Peraturan Daerah terkait hal ini." Jelas Lanny Kaligis.
Selanjutnya, di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Tim Komisi III diterima oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus dan Pelayanan Khusus, Dra Sutarti V.S. Ponto,ME .

Dalam penyampaian Toni Tumbelaka,mewakili Komisi III  " Perda tentang Penyelenggaraan Pendidikan sangatlah penting ditetapkan.  Banyaknya sekolah yang ada di Bolmong baik Negeri maupun swasta, terinformasi total bangunan sekolah dari SD sampai dengan SMA berkisar 346 bangunan sekolah, menuntut peran legislatif bekerja sama dengan eksekutif dalam memperhatikan Penyelenggaraan Pendidikan di daerah."
Seperti kita ketahui bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, Bangsa dan Negara dengan menempuh  jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi." Tambahnya pula.

Hasil dari kunjungan kerja ini nanti akan dijabarkan ketika sekembalinya ke daerah.(Adve/Valentino)

Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google