Headlines News :
Home » , » MINAHASA UTARA MENJADI PILOT PROJECT "KAWASAN PALA" DI SULUT

MINAHASA UTARA MENJADI PILOT PROJECT "KAWASAN PALA" DI SULUT

Written By Jansen Tongkotou on Selasa, 05 Maret 2019 | 18:30



MINUT KOMENTAR.  Kabupaten Minahasa Utara ditetapkan oleh Kementrian Pertanian RI sebagai Pilot Project Kawasan Pala di Sulawesi Utara.

Hal ini terungkap dalam Musrenbangtan Tahun 2020 Dinas Pertanian Minahasa Utara ( Selasa, 5/3-2019) di kompleks kantor Dinas Pertanian Kelurahan Saronsong Kecamatan Airmadidi.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Wangke Karundeng, MAP. melalui Agustine S. Kandou, S.Pt. MM. selaku Kepala Bidang Perkebunan Distan Minut, membenarkan hal tersebut.

Sebagai Pilot Project Kawasan Pala, Minahasa Utara ke depan mulai Tahun 2020 akan mendapat perhatian lebih dari Kementrian Pertanian untuk pengembangan Pala. Fasilitas yang akan diberikan pemerintah dalam satu Kawasan Pala, berupa: Embung, Mesin Pompa Air, Pipanisasi, Bibit Pala sistem sambung.

Saat ini ada beberapa Kecamatan yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Pala seperti : Kauditan, Airmadidi, Kalawat, Dimembe, Likupang Selatan.

Yang menjadi keunggulan Pala di Minahasa Utara karena kwalitas yang sangat baik serta tingkat produksi hingga 10.000 biji / Tahun, kemudian mudah dijangkau menjadi nilai lebih dibanding daerah lain di Sulut.

Ditambahkan Agustine, rencana Tahun 2020 mendatang, bibit Pala yang akan dibagikan ke Petani sebabyak 50.000 bibit dengan luas lahan 500 Ha. adalah Bibit Pala dengan sistem sambung. Keunggulannya masa berbuah sangat singkat dalam 3  - 4 Tahun telah berbuah. Semua bibit Pala sistem sambung diproduksi oleh petani penangkar bibit Pala dari Minahasa Utara sendiri.

Hadir dalam Musrenbangtan Tahun 2020, sekaligus memberikan materi, Drs. Alan Mingkid, Assisten II Setdakab Minut,  Arnoldus Wolajan, Kepala Bapelitbang Minut, Ir. Freddy Kaligis, MAP. Sekertaris Dinas Perkebunan Propinsi Sulut, Drs. Titov Manoy, M.Si Sekertaris Dinas Pertanian & Peternakan SULUT, Ir. Wangke Karundeng, MAP.  Kadis Pertanian Minut ,Kelompok tani, dan Kepala-kepala Bidang.(Jansen)
Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google