Notification

×

Iklan

Iklan

100 Tahun Cagar Alam Tangoko, Lomban Resmikan Patung Alfred Russel Wallace

Kamis, 21 Februari 2019 | 22:49 WIB Last Updated 2019-02-21T14:49:19Z

BITUNG KOMENTAR-Pemerintah Kota Bitung menggelar peringatan acara 100 Tahun berdirinya Cagar Alam Tangkoko.  Monumen Alfred Russell Wallace pun diresmikan, untuk mengenang ilmuwan legendaris ini. Peresmian dilakukan Wali Kota Bitung Maximilian J Lomban digelar di kampung wisata Batu Putih, Kamis (21/2/2019)

Dalam sambutannya Walikota Bitung Maxmiliaan J Lomban memaparkan kisah pria berkebangsaan Inggris (Alfred Wallace) berjalan di hutan ini, lebih dari 150 tahun yang lalu ketika belum ada jalanan, hanya hutan.

"Dia adalah ilmuwan dan ahli biologi yang hebat, lebih dari itu dia adalah pria yang berkomitmen dengan keanekaragaman hayati," katanya.

Lanjut Lomban, Wallace juga selain tokoh lingkungan, juga mengeluarkan yang namanya Wallace Line dan Wallace Area. Wallace Line membagi Indonesia jadi 2 wilayah besar, Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ke Benua Asia, serta Sulawesi ke Timur ke Benua Australia.



"Patung Wallace ini juga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Cagar Alam Tangkoko. Patung ini bahkan diberikan chip yang bisa di-scan wisatawan agar memperoleh informasi soal Wallace dan juga Cagar Alam Tangkoko," jelasnya.

Diketahui, Patung Wallace dibuat oleh seniman bernama Hendra Susanto. Traveler bisa melihat patung Wallace ini jika berkunjung ke Cagar Alam Tangkoko.

Hadir dalam kegiatan peresmian, Direktur British Council Indonesia, Paul Smith, Direktur Konservasi Sumberdaya Alam (KSDA) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wiratno, beserta jajarannya. (Ivan)
×
Berita Terbaru Update