Headlines News :
Home » » Kota Bitung Tak Layak Lagi Dapat Adipura

Kota Bitung Tak Layak Lagi Dapat Adipura

Written By Dhivan Awondatu on Senin, 14 Januari 2019 | 12:39



Oleh Roky Oroh

Penghargaan Adipura Bagi Sebagian Orang Merupakan hal atau Penghargaan yang sangat Bergengsi apalagi di Kota Bitung. Tapi Maaf Adipura Hanya Proyek Pemerintah Untuk Mengejar Target Keberhasilan Pembohongan Yang Telah Dilakukan sistematis Bertahun-Tahun.

Tebukti dari tahun ke tahun menjamurnya tambang galian C ilegal terkesan sangat sulit ditertibkan oleh Pemkot Bitung Padahal sangat jelas melanggar,  daerah resapan air dan hulu sungai yang harusnya sebagai sumber air dan oksigen bagi kota, justru disana aktivitas galian C ilegal terjadi tanpa ada tindakan nyata untuk menghentikannya, begitu juga sampah dan banjir jika musim penghujan tiba ditambah lagi limbah-limbah pabrik yang hanya ditampung dan dibiarkan begitu saja contohnya salah satu perusahan di Madidir yang debunya berterbangan sampai kemana-mana. Sampai sekarang ini belum ada antisipasi dari pihak pemerintah setempat jikapun ada hanya dilakukan setengah hati dan bersifat pencitraan.


Seharusnya Pemerintah khususnya Kota Bitung fokus jaga kebersihan lingkungan karena itu kewajiban. Hentikan pemborosan anggaran untuk kegiatan seremonial.  Penjemputan yang harus rombongan serta aneka acara yang tidak berdampak baik untuk masyarakat apalagi adipura cenderung jadi sarana legal untuk menghabiskan uang rakyat.

Berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk menjemput piala/pengargaan tersebut ? Kurang lebih Sepuluh orang atau lebih berbondong bondong harus berangkat ke Jakarta untuk menjemput plus pelicin jadi puluhan juta harus raib percuma.

Ironisnya lagi di Kota Bitung puluhan buruh  kebersihan dibayar jauh dari pada Upah Minimum. Apakah kita harus bangga ? Sedangkan jaminan kebersihan itu merupakan kewajiban. Hampir semua daerah di Indonesia menerima penghargaan ini.  Bukan sesuatu hal yang istimewa untuk dijadikan alasan untuk menindas. Hanya penindas yang berani melakukan ini. Hal ini menunjukkan Adipura bukan sesuatu yang wouuuww lagi.

Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google