Headlines News :
Home » » Masa Reses III Tahun 2018, 45 Legislator Sulut Temui Konstituen Jaring Aspirasi Masyarakat

Masa Reses III Tahun 2018, 45 Legislator Sulut Temui Konstituen Jaring Aspirasi Masyarakat

Written By Komentar News on Jumat, 07 Desember 2018 | 02:57

Komentar.co.id  Sulut - Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Sulut kembali melaksanakan kegiatan masa reses III tahun 2018 untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan masing – masing yang dimulai sejak tanggal 20 November – 7 Desember 2018.
Beragam usulan, saran bahkan kritikan  dari masyarakat menjadi perhatian ke 45 anggota legislative Sulut yang nantinya  akan diperjuangkan para wakil rakyat kepada pemerintah Propinsi   
Diantaranya  yang dilakukan ketua DPRD Andrei Angouw dalam reses Minggu (2/12/2018) di tiga titik kegiatan antara lain di Kelurahan Bumi Nyiur Lingkungan 5 Kecamatan Wanea Manado. Warga setempat sering mengalami bencana banjir di saat musim penghujan tiba.
“Berterima kasih kepada pemerintah yang sudah melakukan pembangunan jembatan, tapi perlu ditingkatkan karena saluran air yang ada sudah tertutup tanah yang waktu itu ada pengerukan di Citraland, got hampir dua meter sudah rata jalan. Akibatnya banjir. Perlu dilakukan pengerukan drainase yang tertimbun,” tutur Hendrik Tompulu, salah satu warga Bumi Nyiur.
Selain pengerukan drainase, dalam reses Angouw warga pun menyampaikan terkait ganti rugi lahan yang belum rampung, sehingga proses pelebaran jalan Maengket di Kelurahan Bumi Nyiur tidak bisa diselesaikan.
Demikianpula pelaksanaan kegiatan reses oleh wakil ketua DPRD Sulut Wenny Lumentut, SE  di kelurahan Kolongan Tomohon  Sabtu ( 1/12-2018) disambut antusias warga untuk menyampaikan aspirasi mereka.
Salah satu perwakilan kelompok tani Max Kaparangmengeluhkan  terkait  kelangkaan pupuk maupun ketersediaan bibit jagung  bagi petani  kelurahan Kolongan. Disamping sulit didapat, harga pupuk dan bibit jagung sangat mahal.   Max  berharap DPRD Sulut melaluli wakil ketua Wenny Lumentut dapat memfasilitasi petani untuk  mendapatkan bantuan pupuk maupun bibit tanaman jagung  melalui  instansi  Dinas Pertanian dan Dinas Perkebunan.
Sementara terkait infrastruktur  masyarakat berharap dapat diperjuangkan perbaikan ruas jalan Matani  maupun  ruas jalan Tanawangko - Tomohon serta perlunya pelebaran jalan Manado-Tomohon karena dianggap tidak lagi memadai dengan jumlah kendaraan yang melalui jalur tersebut.
Hal lainnya dikeluhkan warga Desa Elusan Kecamatan Amurang Barat kepada anggota DPRD lainnya Felly Runtuwene saat menggelar reses di desa tersebut Jumat, (7/12-2018) terutama masalah kebutuhan air bersih yang merupakan kebutuhan utama ini tidak pernah dinikmati masyarakat selama puluhan tahun

Perwakilan warga lainnya Noven Tambaani  berharap pemerintah segera menuntaskan pembangunan  ruas jalan Elusan-Rumoong Bawah belum terealisasi pengerjaannya. Demikian pula   usulan lainnya yang disampaikan warga terkai potensi wisata air terjun dan Goa Wrang  yang ada di desa tersebut.
Khusus Kepulauan Sangihe,  Reses Pdt. Meiva Lintang Sth berlangsung di Kantor Sinode GMIST  guna menerima aspirasi para tokoh agama maupun masyarakat Tahuna.
Beberapa hal disampaikan kepada anggota komisi 4 tersebut diantaranya agar para Pendeta  GMIST dapat dimasukan dalamprogramjaminan asuransi dan berharap pemerintah memperhatikan para pendeta dalam mendukung  program peningkatan mental spiritual jemaat dan masyarakat.
Sementara harga harga komoditi, pala dan cengkeh  mengalami penurunan harga dikemukakan masyarakat yang berpengaruh pada  pendapatan ekonomi petani termasuk bantuan pupuk untuk para kelompok tani setempat. (stem)
Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google