Headlines News :
Home » » Berlangsung Hingga malam Hari, Rapat Paripurna DPRD Sulut Tuntaskan Enam Agenda Penting

Berlangsung Hingga malam Hari, Rapat Paripurna DPRD Sulut Tuntaskan Enam Agenda Penting

Written By Komentar News on Sabtu, 15 September 2018 | 02:06

Komentar.co.id Manado - Enam Agenda sekaligus dilaksanakan DPRD Sulut Dalam Rapat Paripurna yang berlangsung Jumat (14/9-2018) siang hingga malam hari. Adapun keenam agenda tersebut yakni Penutupan masa sidang kedua tahun 2018, Penyampaian hasil kinerja alat kelengkapan DPRD, Pembukaan masa sidang ketiga tahun 2018, serta penyampaian laporan hasil reses II tahun 2018.

Sementara terkait pentingnya pelaksanaan reses bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat secara berkala untuk bertemu konstituen pada daerah pemilihan masing-masing guna meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja DPRD dalam mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat, hal tersebut bertujuan  mewujudkan peran legislative  dalam mengembangkan check and balance bersama pemerintah daerah.

Selama sepekan para Anggota DPRD Sulut melaksanakan agenda yakni reses II tahun 2018. Para anggota dewan diharuskan kembali ke daerah pemilihan (Dapil) masing-masing guna mendengar dan menyerap aspirasi masyarakat. Dan, pada Jumat (14/9/2018) lalu, dilaksanakan rapat paripurna tentang penyampaian laporan pelaksanaan reses II tahun 2018, yang dilaksanakan di ruang rapat DPRD Provinsi Sulut.

Usai pembacaan dan penyerahan hasil reses, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw,SE berharap agar hasil serap aspirasi masyarakat oleh anggota dewan bisa ditindaklanjuti Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey,SE, sebagai Gubernur Provinsi Sulut.

“Hasil reses agar bisa ditindaklanjuti oleh Pemprov Sulut, bisa dianggarkan pada APBD Perubahan 2018, APBD Induk 2019, juga pada APBD di Kabupaten/Kota, juga melalui Gubernur Sulut Olly Dondokambey bisa diperjuangkan pada APBN 2019,” tutur Ketua Dewan Andrei Angouw, didampingi Pimpinan DPRD Sulut Wenny Lumentut, Stevanus Vreeke Runtu dan Marthen Manoppo.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Angouw, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengatakan, sebagai mitra kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengapresiasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut terkait dengan pembahasan bersama mitra kerja terkait dengan pembahasan APBD Perubahan Tahun 2018.
Lanjut dikatakan oleh Gubernur Olly Dondokambey, Pemerintah Provinsi akan segera menindaklanjuti masukan dari wakil rakyat yang didapatkan saat reses.

“Semua aspirasi terkait keluhan dimasyarakat seperti masalah pendidikan, kesehatan, infrasruktur, jalan jembatan termasuk kemacetan, air bersih, dan difungsikan terminal akan menjadi tanggung jawab dari Pemprov Sulut,” janji Gubernur.
Dikatakan juga oleh Gubernur di tahun anggaran 2019 akan ada sejumlah program kerja termasuk penambahan tenaga pendidik melalui usulan ke kementrian terkait dengan penerimaan ASN Tahun 2018. Ini semua akan menjadi program prioritas termasuk keluhan keluhan yang lain di masyarakat,” ujar Gubernur.

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengatakan, Pemerintah Provinsi telah berkomitmen untuk terus memacu laju pembangunan daerah guna mewujudkan Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya untuk memantapkan eksistensi Sulut sebagai salah satu pintu gerbang di Kawasan Timur Indonesia.

“ Karena itu sebagai institusi yang lahir  dari rakyat oleh dan untuk rakyat saya mengajak kepada pimpinan  dan anggota dewan untuk bersama -sama  dengan komponen rakyat sulawesi utara mengawasi jalannya program sampai akhir pelaksanaanya yang dipercayakan kepada pemerintah provinsi untuk dikelola semua ini untuk kepentingan rakyat demi kemajuan daerah mencapai kesejahteraan, “harap Gubernur Olly.

Dalam rapat paripurna tersebut turut dihadiri anggota DPRD Sulut, unsur Forkopimda, dan tamu udangan lainnya. (stem)

Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google