Headlines News :
Home » , » Diapresiasi Pemerintah Pusat, Distanak Sulut Sukses Kembangkan Produksi Jagung Diatas 1 Juta Ton

Diapresiasi Pemerintah Pusat, Distanak Sulut Sukses Kembangkan Produksi Jagung Diatas 1 Juta Ton

Written By Komentar News on Selasa, 17 Juli 2018 | 06:09


Komentar.co.id Manado - Perintah Propinsi  melalui Dinas Pertanian dan Peternakan  (Distanak) Sulut  bertekat terus menggenjot program prioritas bidang produksi pangan yang menjadi primadona di daerah ini.

Selain Padi dan Kedelai, tanaman Jagung mendapat perhatian dalam mengembangkan produksi dikalangan petani  melalui program1 juta ton.

“Program kami di tahun 2017 telah berhasil mencapai  sebuah langkah keberhasilan yakni produksi jagung sebanyak satu juta ton lebih .  Dengan hasil tersebut, telah mampu mengatasi ketersediaan pakan ternak khususnya di Sulawesi Utara dan mendapatkan aresiasi pemerintah pusat.” ungkap Kepala Dinas Petanian dan Peternakan Sulut Ir. Novly Wowiling  Senin, (16/7-2018) usai melaksanakan pembahasan bersama Komisi II DPRD Sulut.

Sementara untuk  program tahun 2018, hal yang sama terus dilakukan dengan meningkatkan kapasitas produksi diatas satu juta ton.

Meski demikian Wowiling mengakui   ada beberapa hal teknis di lapangan yang menjadi kendala dalam pengembangan program tersebut  diantaranya  faktor cuaca yang  membuat produksi jagung tidak maksimal.

“ Kami selalu bekerjasama dengan BMKG. Untuk tahun 2018 mereka merekomendasikan  bahwa bulan Juli – Agustus merupakan musim kemarau. Namun kami telah mengantisipasinya  dengan melaksanakan penyuluhan serta mengingatkan petani bila mana pada bulan tersebut akan dilakukan penamaan, harus memperhatikan aspek-aspek inti termasuk ketersediaan air. Namun kita bersyukur tanda-tanda itu tidak nampak, dan semoga tidak terjadi. Intinya kami terus melakukan pendampingan kepada petani termasuk melakukan monitoring  ketersediaan pupuk. “ pungkas Wowiling. (stem)


Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google