Headlines News :
Home » » Bupati CEP Terima Bantuan Alsintan, Kementan Dorong Modernisasi Pertanian Di Minsel

Bupati CEP Terima Bantuan Alsintan, Kementan Dorong Modernisasi Pertanian Di Minsel

Written By Komentar News on Sabtu, 07 April 2018 | 21:27

Komentar.co.id Amurang - Keberhasilan  Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dibawah kepemimpinan Bupati DR. (H.C) Christiany Eugenia Paruntu SE, Min dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar, SH dalam membangun sektor pertanian diapresiasi Menteri  Pertanian  (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman dengan memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) melalui Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Prihasto Setyanto.  

 Dalam kunjungan di Kabupaten Minahasa Selatan  Jumat (6/4-2018), Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  yang diwakili Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Prihasto Setyanto  di Desa Kawangkoan Bawah, Amurang  mengatakan, dengan adanya bantuan Alsintan tersebut modernisasi di sektor Pertanian  khususnya di Minahasa Selatan akan menjawab  tuntutan serta dorongan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia  pada tahun 2045.

"Modernisasi pertanian mutlak dilakukan untuk menjadikan Indonesia negara super power dunia berbasis pertanian,"  ujar Prihasto  sambil mengungkapkan saat ini swasembada padi, jagung, bawang merah dan cabai yang telah dicapai tak lepas dari faktor mekanisasi pertanian yang terus digalakan.

Sementara itu Bupati Minsel DR. (H.C) Christiany Eugenia Paruntu SE, Min mengatakan daerahnya berhasil menaikan produksi jagung yang sangat signifikan. Dari hanya 18 ribu ton menjadi 81ribu ton lebih setelah mendapatkan bantuan alsintan dari Kementerian Pertanian.

Selama ini Minahasa Selatan dikenal sebagai dapurnya Indonesia timur yang mensuplai berbagai komoditas sayuran seperti kentang, kubis, wortel, cabai, bawang dan sayuran lainnya. 

"Kami berkomitmen mendukung peningkatan ekspor jagung Minahasa Selatan melalui jalur Davao Filipina. Tanah kita Subur, punya SDM,  ditambah bantuan dari Pemerintah Pusat, saya yakin hasil Minahasa Selatan dapat menjadi lumbung untuk Sulawesi bahkan Indonesia" ujarnya Bupati optimis
Pada acara tersebut, Bupati CEP sapaan akrabnya  mampu menyita perhatian ribuan petani yang hadir. Pasalnya Bupati cantik ini tampak lihai mengoperasikan sendiri berbagai alat mesin pertanian seperti traktor, transplanter rota tanam dan combine harvester.

Dalam kunjungan tersebut serangkaian agenda dilaksanakan diantaranya Penanaman cabe dalam Green House yang menandai dimulainya pemanfaatan Green House yang dibangun dengan dana APBD 2017, Panen padi ladang menggunakan combine harvester upaya, Pencanangan Gerakan Moderenisasi pertanian dengan memanfaatkan alat dan mesin pertanian bantuan Kementan RI yang dikelola dlam bentuk Brigade Alsintan Kab Minsel, Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Ternak sapi dan Imseminisasi buatan dalam rangka upaya khusus sapi indukan wajib bunting (SIWAB), serta  tatap muka dengan masyarakat petani se Kabupaten  Minsel dilanjutkan dengan penyerahan bantuan benih dan Alstan kepada kelompok tani. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bagian Kebijakan dan Program Biro Perencanaan Kementerian Pertanian, Prayudi Syamsuri, Kapolres  Minsel AKBP FX Winardi Prabowo, para pejabat setempat serta ratusan petani se kabupaten Minahasa Selatan. (ren/*)

Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google