Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Olly Hadiri Haul Bung Karno Di Nusantara V Senayan

Rabu, 21 Juni 2017 | 22:58 WIB Last Updated 2017-06-21T14:58:01Z
Komentar.co.id - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE menghadiri acara Haul Bung Karno ke-47 dan peluncuran buku berjudul 'Bung Karno, Islam, dan Pancasila' di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/6/2017).

Sejumlah tokoh nasional dan menteri turut menghadiri acara tersebut, antara lain Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Adapun tujuan dilaksanakannya acara haul Bung Karno sebagai upaya menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan serta jati diri bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901. Dia kemudian wafat di Jakarta pada 21 Juni 1970. Kemudian keluarga besar Bung Karno menyelenggarakan acara Haul untuk pertama kalinya yang dihadiri oleh lingkup internal keluarga besar Bung Karno dan warga sekitar dengan mengadakan Haul secara kecil-kecilan.

Setelah selama tujuh tahun berturut-turut acara Haul Bung Karno hanya dilaksanakan oleh intern keluarga Bung Karno saja maka tepatnya pada tahun 1978 Islan Gatot Imbata dan Sri Sukarno serta tokoh-tokoh masyarakat dan budayawan mencetuskan ide untuk mengadakan Haul Bung Karno secara terbuka dengan mengundang masyarakat umum. Hal itu kemudian menjadi tradisi turun temurun hingga pada saat sekarang ini. (Humas Pemprov Sulut)


×
Berita Terbaru Update