Notification

×

Iklan

Iklan

Gubernur Olly : Empat Pilar Prasyarat Mutlak Bangsa Yang Kokoh

Rabu, 24 Mei 2017 | 23:39 WIB Last Updated 2017-05-25T01:07:15Z
Komentar.co.id - Indonesia adalah negara sangat luas, terdiri dari ribuan pulau yang rentan terhadap berbagai ancaman baik dari luar maupun dalam negeri, yang dapat mengikis keutuhan bangsa. Hal itu disampaikan Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Dilingkungan Ikatan Alumi Resimen Mahasiswa Indonesia Sulut  di Graha Gubernuran Bumi Beringin Rabu ( 24/05/2017).

Menurutnya, kita harus bersyukur bahwa pendiri bangsa  ini telah mewariskan sejumlah konsepsi kebangsaan dan kenegaraan, yang berkaitan langsung dengan dasar negara, konstitusi negara, bentuk negara dan wawasan kebangsaan yang kesemuaanya itu dipandang dan kita rasakan bersama sangat sesuai dengan karakter serta jati diri bangsa.

"Empat pilar kebangsaan dari konsepsi kenegaraan indonesia ini juga harus dipahami sebagai sebuah prasyarat yang mutlak dipenuhi agar bangsa ini bisa berdiri kokoh dan meraih kemajuaan  berlandaskan karakter kepribadian bangsa indonesia sendiri, tegas Gubernur.

Dijelaskan Olly, pengalaman sejarah juga telah mengajarkan kepada kita, bahwa pengabdian dan penghianatan terhadap empat pilar ini bisa membawa berbagai masalah keterpurukan dan perpecahan dalam kehidupan kebangsaan. Untuk itu diperlukan adanya usaha melakukan pengembangan dan pemberdayaan menyangkut empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara ini. 

"Dalam prosesnya, nilai nilai yang terkandung empat pilar ini perlu digaungkan secara luas, agar dapat mengakar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat sebagaimana yang saat ini terselenggara berkat inisiasi MPR RI. Saya optimis kegiatan ini akan mampu memberikan output dan outcome sebagaimana kita harapkan, apalagi mencermati pesertanya adalah para Alumi Resimen Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam organisasi IARMI, yang merupakan sebuah organisasi berasaskan Pancasila dan UUD 1945 serta bernafaskan semboyan Widya Castrena Dharma Siddha (Penyempurnaan Pengabdian dengan ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan) sehingga sangat cocok dan tepat menjadi role model serta contoh bagi masyarakat dalam mengelorakan pemahaman dan implementasi nilai-nilai empat pilar kebangsaan dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, tutup Gubernur.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI)  Dr ( H.C ) Zulkifli Hasan SE M M, Pengurus dan Anggota Ikatan Alumi Resimen Mahasiswa Indonesia Sulut, Pejabat, TNI dan Polri serta masyarakat. (ven)



×
Berita Terbaru Update