Headlines News :
Home » , » DINKES SULUT UNGKAP PEDERITA TUBERKULOSIS CAPAI 5.297 KASUS

DINKES SULUT UNGKAP PEDERITA TUBERKULOSIS CAPAI 5.297 KASUS

Written By Komentar News on Jumat, 07 April 2017 | 10:44

Komentar.co.id - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr Debie K R Kalalo MSc PH mengatakan, data tahun 2016 penderita data Tuberkulosis (TB) di wilayah Sulut mencapai 5.297 kasus.

Hal ini diungkapkan Kalalo dihadapan peserta talk show dalam rangka memperingati Hari TB Sedunia dan peringatan Hari Kesehatan Sedunia yang digelar di aula Dinas kesehatan Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (07^04/2017).

Dijelaskan Kalalo, berbagai upaya dilakukan pemerintah provinsi mulai dari peningkatan mutu pelayanan sampai pada pengendalian kasus tuberkulosis untuk menuju Sulut sehat.

"Pemerintah berkomitmen membangun Sulut Sehat. Langkah pengendalian peningkatan mutu pelayanan terus dilakukan, mulai dari Puskesmas sampai Rumah Sakit sekaligus bermitra dengan berbagai organisasi dan instansi dan pemberdayaan  masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang mengarah kepada pencegahan dan pengendalian Tuberkulosis", ujar Kalalo.

Sementara, Kepala Bidang Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara dr Steven Dandel mengatakan sangat penting melakukan deteksi dini penyakit yang disebabkan bakteri yang menyerang paru-paru. Karena jika dibiarkan, secara media pada tahun kedua penderita akan meninggal oleh karena kerusakan masif di paru-paru.

"Kriteria-kriteria orang yang dapat terindikasi TB, batuk lebih dari 2 minggu, sering berkeringat pada malam hari, berat badan terus menurun karena hilangnya nafsu makan", pungkasnya. (ven)



Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google