Notification

×

Iklan

Iklan

BPBRT Siapkan Ternak Ras Sedelback dan Landrace

Jumat, 21 April 2017 | 20:04 WIB Last Updated 2017-04-21T12:04:22Z
Komentar.co.id - Balai Pengembangan Bibit Ternak Ruminansia dan Non Ruminansia (BPBTR) Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ditahun 2017 ini fokus kepada ternak babi dan sapi perah.

Kepada Sejumlah wartawan, Jumat (21/04/2017) Plt Kadis Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut, Arie Bororing melalui Kepala BPBTR Provinsi Sulut, Leonardo Liwoso, mengatakan bahwa saat ini BPBTR menyediakan bibit-bibit unggul ternak babi dan sapi perah. Dengan menyediakan bibit-bibit unggul atau anakan yang berkualitas dari pejantan yang memang benar-benar terbaik.

"Untuk pejantan tersebut terdiri dari beberapa ras, diantaranya ras Sedelback dan ras landrace yang didatangkan dari pulau bintang Batam", ujar Liwoso didampingi Dokter Hewan Yustinus.

Menurutnya, dalam 1 kali penampunagan sperma dari babi pejantan bisa didapat 300- 500cc untuk sekali ejakulasi.

"Diambil 2 kali dalam seminggu. Sperma tersebut bisa untuk empat betina bila murni sperma. Namun, bila dicampur dengan pelarut BTS bisa sampai untuk 15 betina", jelas Liwoso sembari menyebutkan untuk makanan dari ternak, BPBRT memberi makan kosentrat, jagung dan juga kangkung (ven)


×
Berita Terbaru Update