Headlines News :
Home » , » OD-SK ‘ TELURKAN ’ 250 WIRAUSAHAWAN BARU DI SANGIHE

OD-SK ‘ TELURKAN ’ 250 WIRAUSAHAWAN BARU DI SANGIHE

Written By Komentar News on Jumat, 10 Februari 2017 | 22:43

Komentar.co.id - Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yang menjadi salah satu program prioritas kepemimimpinan gubernur Olly Dondokambey SE dan  wakil gubernur Drs Steven O E Kandouw (OD-SK) terus dipacu. Kali ini pemerintah provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut menggelar kegiatan Pelatihan Catering dan pembuatan kue yang melibatkan 250 orang peserta di se-Kabupaten Sangihe.

Kegiatan yang dilangsungkan selama 5 hari ini bertujuan menciptakan para wirausaha baru yang handal sekaligus mendorong percepatan program ODSK di kabupaten kepualauan Sangihe, demikian disampaikan wakil gubernur Sulut Drs Steven O E Kandouw dalam sambutannya pada penutupan kegiatan yang digelar di Aula rumah dinas penjabat bupati Sangihe, Jumat (10/02/2017).

Dikatannya, kegiatan ini mengajak masyarakat untuk mandiri melalui usaha-usaha yang produktif dengan mengelolah sumber daya alam yang ada didaerah sehingga kemandirian ini berdampak pada peningkatan pendapatan.

 "Ini untuk mendorong masyarakat untuk mengelolah sumberdaya daya alam demi kesejahteraan masyarakat. Masyarakat diajak untuk bisa mandiri, bekerja agar dapat hidup layak melalui usaha-usaha yang produktif dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan keluarga yang pada gilirannya mampu menyiapkan anak-anak untuk bersekolah. Selain itu juga tujuannya membantu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Sangihe," terang Kandouw.

Sementara itu Kepala Dinsakertrans Sulut Ir Erni Tumundo Msi dalam laporannya mengungkapkan, sejumlah kegiatan yang telah dilakukan di wilayah Kepulauan Kabupaten Sangihe diantaranya, Balai pengembangan produktif daerah dengan kegiatan diantaranya pelatihan catering dan pembuatan kue di Tahuna Barat, Tahuna dan Tahunan Timur. Untuk tahap II digelar di Tabukan Utara dan Tengah, Manganitu serta Tamako.

"Untuk Balai Latihan Kerja (BLK) rencananya selesai tanggal 13 Februari yang dilaksanakan di Kecamata Tahuna timur yaitu Pelatihan perbaikan motor tempel dan menjahit, Kecamatan Tahuna Barat latihan pengelasan listrik, diBeha dan Akimbawe Pelatihan instalasi kelistrikan, Kecamatan Tamako kursus komputer dan menjahit, di Desa Pananaru latihan Instalasi listrik, di Kecamatan Tabukan Tengah latihan menjahit, di Desa Sensong ada kursus komputer, di Desa Bunga Lawang, latihan sablon, di Desa Kuma I, di Bira, Kuma dan di Kecamatan Manganitu  pelatihan tenaga kerja bangunan dan di Desa gunung pelatihan ketrampilan meubel”, terang Tumundo, sembari menyebutkan pelatihan ketrampilan ini dijadwalkan selama 240 jam.  (ven)


Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google