Headlines News :
Home » , » TUMUNDO TINJAU PEMUKIMAN TRANSMIGRASI BALUKUT DI BOLTIM

TUMUNDO TINJAU PEMUKIMAN TRANSMIGRASI BALUKUT DI BOLTIM

Written By Komentar News on Selasa, 24 Januari 2017 | 22:14

Komentar.co.id - Kunjungan kerja (Kunker) perdana dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diawal tahun 2017 ke lokasi pemukiman transmigrasi Balukut Desa Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (23/01/20174) meninggalkan kisah memprihatinkan,  daerah transmigrasi yang dihuni 56 kepala keluarga (KK) hanya memiliki satu akses jalan masuk yang tergolong 'ekstrem'.  Jalan sepanjang kurang lebih  3 kilo meter dari perkampungan warga ini  harus ditempuh dengan kendaraan khusus atau dengan berjalan kaki, ditambah lagi kebutuhan akan penerangan harus diakali warga transmigran dengan menggunakan lampu botol (bahan bakar minyak kelapa,red).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Utara, Ir Erny B Tumundo M Si saat ditemui sejumlah wartawan diruang kerjanya, Selasa (24/01/2017).

Dikatakannya, masyarakat transmigrasi sudah menempati pemukiman hampir sebulan, dan rata-rata masih keluarga baru. "Mereka sudah 3 minggu menempati pemukiman itu dan rata-rata masih rumah tangga muda, dimana untuk rumah tinggal terlihat sudah baik dan airpun lancar”, terang Tumundo.

Lanjut dikatakannya, untuk sarana dan prasarana pendidikan membutuhkan tambahan tenaga pendidik, dan pemprov Sulut akan menyediakan tenaga bantu pendidik yang akang dikontrak selama satu tahun. “kebutuhan tenaga pendidik mendesak, karena sekolah yang jaraknya jauh maka lewat Disnakertrans pemprov Sulut akan menyiapkan tenaga bantu pendidik dua orang yang akan bertugas selama  satu tahun. Sementara biaya hidup 56 KK tersebut akan ditanggulangi Pemprov Sulut melalui dana dekonsentrasi”, ucap Tumundo sembari menyebutkan dari data dilapangan ditemui sebanyak 51 KK berasal dari Kabupaten Boltim dan 5 KK berasal dari Jakarta.

Menurut mantan Kepala BP3A Sulut itu Kunker yang turut dihadiri  Wakil Bupati Boltim (Rusdi Gumalangit) dan Kepala Disnakertrans dan ESDM Boltim (Irwan Kyai Demak) langsung memberikan solusi terhadap persoalan yang ada di permukiman tersebut. “Pembangunan jalan dan sarana penerangan (listrik) yang rencananya akan menggunakan solar cell akan segera dibangun oleh Pemda Boltim”, Pungkasnya.  (ven)


 
Share this post :
 
Support : komentar.co.id | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar Manado - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google