Notification

×

Iklan

Iklan

ATRAKSI MARCHING BAND STPDN TAMPUSU MERIAHKAN PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI SULUT

Kamis, 02 Juni 2016 | 00:23 WIB Last Updated 2016-06-01T19:28:10Z

KOMENTAR.CO.ID  MANADO - Peringatan hari lahirnya  Pancasila Ke -71 tahun yang dipusatkan di lapangan Sario Manado (Rabu 1/6-2016) berlangsung sukses . Meski diguyur hujan, namun tak mengurangi antusiasme masyarakat maupun para Aparatur Sipil Negara( ASN),  TNI/Polri  dan pelajar yang  begitu semangat  larut dalam uapacara tersebut.  

Diwarnai atraksi Marching Band dari mahasiswa STPDN Tampusu  serta pera pelajar dari kota Tomohon  yang menampilkan atraksinya membuat suasana peringatan tersebut  terlihat lebih meriah. Dalam sambutannya, Gubenur Sulut Olly Dondokambey SE yang bertindak selaku Inspektur Upacara   dengan  Komandan Upacara yakni  Kabid Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik Diknas Sulut Drs Jendry Sualang MAP  mengajak seluruh elemen masyarakat  terlebih  generasi muda yang merupakan generasi penerus cita-cita bangsa untuk memperbaharui komitmen bersama dalam melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Bhineka Tunggal Ika" bukan hanya slogan semata, akan tetapi merupakan tonggak kita semua (tonggak Bangsa Indonesia), dalam menjalani serta memaknai hidup dan kehidupan. Sebab dengan memahami makna nilai-nilai sejarah dari Pancasila, maka sebagai komponen bangsa Indonesia, sudah sepatutnya kita mewarisi semangat dan pemikiran Bung Karno dalam menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam 5 sila dalam Pancasila, dimana salah satunya dapat dilakukan dengan memperingati serta memaknai  hari lahir Pancasila sebagai momentum untuk bersatu padu bergandengan tangan, bergotong royong dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan guna membumikan Pancasila di bumi pertiwi yang kita cintai ini.” tandas Gubernur .

Sementara itu ketua panitia pelaksana  Drs. Steven Liow mengungkapkan suksesnya pelaksanaan upacara dalam memperingati hari Lahirnya Pancasila tak lepas dari peran seluruh komponen masyarakat yang mendukung kegiatan tersebut  sehingga berjalan dengan baik. “ Ini semua berkat dukungan masyarakat terutama suport  Bapak  Gubernur dan Wakil Gubernur  OD-SK sehingga semuanya berjalan dengan sukses. Kami juga mohon maaf apabila masyarakat  pengguna jalan   yang dilalui  peserta kirab sedikit terganggu dengan kemacetan yang ada, namun ini merupakan bukti bahwa masyarakat Sulawesi Utara sangat menghormati serta  Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia yang merupakan lambang  persatuan dan kesatuan banngsa.”  terangnya.

Disisi lain  nsekretaris panitia Drs Jendry Sualang MAP menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan wakil Gubernur yang merupakan penggagas pelaksanaan peringatan hari lahirnya Pancasila di Sulut. Menurut Sualang,  dibalik suksesnya pelakanaan kegiatan tersebut , makna dari pelaksanaan peringatan  tersebut yang harus dipetik. “ Empat pilar kebangsaan  yang saat ini kita sebut empat konsensus bernegara perlu disosialisasikan. Cara mensosialisasikannya seperti yang ada saat ini yakni kita kirab keliling kota. Saya juga bangga terhadap para siswa yang adalah generasi muda yang mengikuti upacara, mereka betul-betul menghargai serta menghayatinya meski diguyur hujan. Dengan momentum peringatan hari lahirnya Pancasila ini, kami akan suarakan dan usulkan ke pemerintah pusat untuk dijadikan tanggal 1 Juni sebagai hari raya Nasional, dan ini sudah menjadi komitmen kami sebagai panitia. “ tutupnya. (stem)
×
Berita Terbaru Update