Headlines News :
Home » » GUBERNUR OLLY DONDOKAMBEY LANTIK 5 KEPALA DAERAH HASIL PILKADA SERENTAK

GUBERNUR OLLY DONDOKAMBEY LANTIK 5 KEPALA DAERAH HASIL PILKADA SERENTAK

Written By Komentar Manado on Rabu, 17 Februari 2016 | 22:32



KOMENTAR.CO.ID MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, melantik dan mengambil sumpah dan janji lima (5) Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Sulut hasil Pilkada serantak pada tanggal 9 Desember lalu periode 2016-2021, Rabu (17/2/2016).

Dalam prosesm pelantikan tersebut, sebelumnya  dilakukan penyerahan keputusan Menteri Dalam Negeri  tentang pengangkatan lima Bupati/Walikota  yang dilaksanakan di Rumah Dinas Gubernur di Bumi Beringin Manado. Kemudian dilanjutkan dengan proses pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji  di Graha Gubernuran.
Gubernur Sulut  Olly Dondokambey dalam sambutannya memberikan arahan kepada kepala Daerah dan Wakilnya yang dilantik, supaya bersedia bekerjasama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah. Gubernur  menegaskan agar Kabupaten/Kota harus bersinergi dengan Pemprov terutama dalam mensolusikan “pekerjaan rumah” yang sampai saat ini belum terselesaikan diantaranya memerangi kemiskinan dan pengangguran. Kita juga pastikan ketahanan pangan terutama bagi putra putri Sulut yang merupakan masa depan kita, membangun dari pinggiran, dan memastikan kedaulatan pangan, energi serta maritim di wilayah kepulauan dan perbatasan,” ujar Olly.

Lanjut Gubernur Olly Dondokambey  dalam waktu singkat para kepala daerah dan wakil kepala daerah di Kabupaten/Kota harus mampu melakukan konsolidasi internal dalam tubuh jajaran pemerintahan, sekaligus menggalang sinergitas kerja dengan stakeholders pembangunan lainnya. Disamping itu Gubernur juga  mengingatkan  agar kepala daerah dan wakil kepala daerah dapat membangun hubungan yang harmonis, saling mendukung dan menopang satu dengan yang lain agar tidak terjadi miss interpretasi dan retak ditengah jalan. Sebab menurutnya  telah ada pembangian tugas tugas, wewenang, kewajiban dan hak yang jelas antara kepala daerah dan wakilnya sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Saudara juga harus mampu merealisasikan visi yang diusung, melalui program kerja secara bertahap setiap tahunnya selama lima tahun mendatang, yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi daerah, serta sinergitas dengan arah pembangunan bangsa saat ini, yakni Nawacita, “tukasnya.

Diketahui, lima Kepala Daerah yang dilantik, diantaranya, Bupati Minahasa Selatan Tetty Paruntu,  Bupati Minahasa Utara Vonny Anneke Panambunan dan Wakilnya Joppy Lengkong, Bupati Bolaang Mongondow Selatan Herson Mayulu dan Wakilnya Iskandar Kamaru, Bupati Bolaang Mongondow Timur Sehan Landjar dan Wakilnya Rusdi Gumalangit, Bupati, dan Walikota Tomohon Jimmy Eman dan Wakilnya Sherly Sompotan.
Hadir pada pelantikan itu, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP. PKK Sulut Ibu Ir. Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Ketua TP. PKK dr Devi Kartika Kandouw Tanos, jajaran Forkopimda Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut dan Kabupaten/Kota, KPU dan Bawaslu Sulut, serta para pejabat Pemprov dan Kabupaten/Kota, serta tamu undangan lainnya .(Stem).



Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google