Headlines News :
Home » , , , » Warga Diharapkan Selalu Waspada Akan Angin Kencang dan Curahnya Hujan

Warga Diharapkan Selalu Waspada Akan Angin Kencang dan Curahnya Hujan

Written By Komentar Manado on Selasa, 30 Desember 2014 | 01:52

Reportase Sulawesi UtaraMengenai curahnya hujan deras dan juga angin kencang, warga seputaran Sulawesi Utara diharapkan waspada dan tidak panik,  karena dari pos pemantau DAS Tondano sekarang air sudah mencapai batas  120 cm, dan setiap 10 menit bertambah 10 cm.

Diharapkan kepada warga seputaran Sulawesi Utara selalu memantaui akan kondisi air yang ada di Danau Tondano, dan Sawangan. Kemungkinan air yang ada di Sawangan terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Dan perlu diwaspadai jangan sampai akan timbul musibah yang sangat mendadak, seperti kejadian air banjang yang terjadi hampir satu tahun yang silam, dimana beberapa daerah dan juga kampung rusak berat akibat terjadinya air bandang.

Untuk mewaspadai semua ini, diharapkan juga selalu waspada akan angin,karena 1 jam lalu  daerah kombos telah terjadi pohon tumbang, sedangkan debit air di jembatan kampung Ternate juga sudah naik dan banyak warga mengawasi jalan menuju kampung Sario, serta kampung Koni juga sudah tergenang air.

Wakil Walikota Manado, Dr. Harley A.B. Mangindaan menghimbau, masyarakat yang menempati pinggiran DAS
agar segera mengungsi ketempat yang lebih aman, karena mengantisipai akan ketinggian air yang ada di danau Tondano dan juga Sawangan. Diharapkan juga kepada masyarakat yang hendak mengungsi jangan terlalu panic, ikut arahan kepala desa, agar pengungsian bisa berjalan dengan aman dan juga lancar.

Sedangkan informasi BMKG Provinsi Sulawesi Utara untuk esok hari, cuaca dan tinggi gelombang, Selasa (30/12) yaitu, beberapa daerah mengalami hujan ringan termasuk, Manado, Tomohon, Kotamobagu, Airmadidi, Tondano, Amurang, Lolak, Boroko, Melonguane, Tahuna,Ondong. Sedangkan yang berawan yaitu, Bitung, Ratahan, Molibagu, Tutuyunan.

Sedangkan kecepatan angin dipermukaan mencapai 20 – 30 km / jam dari arah Barat Laut,
Laut Sulawesi: 2.0-3.0m, Perairan Sangihe Talaud: 2.0-3.0m, Perairan pesisir Utara Sulut:2.0-3.0m; Perairan Selatan Sulut:1.2-2.0m.


Untuk peringatan dini dan juga cuaca ekstrim, waspadai angin kencang pada pagi, siang dan malam hari.

Share this post :
 
Support : Pedoman Media siber | Jmanado IT | HH
Copyright © 2015. Komentar - All Rights Reserved
By Creating Website Manado IT Admin
Proudly powered by Server Google